KELUARGA PAJAR, PARIMBUNIS

PERSATUAN KELUARGA BESAR KETURUNAN RAJA ALI RAJA JAAFAR (YDM RIAU VIII) DAN ENGKU CHIK TEMENGGUNG ABDUL RAHMAN

PUSAKA KERAJAAN BONE

Pusaka Teddung Pulaweng (Payung Emas)

Merupakan Pusaka yang terbuat dari Emas juga disebut sebagai ArajengngE , sebagai tanda persaudaraan dari Raja Pariaman kepada Raja Bone XV Latenri Tatta Arung Palakka. Pusaka ini tersimpan di Museum Arajang Kabupaten Bone.

Keris Pusaka Lamakkawa

Merupakan Pusaka kerajaan pada abad XVI, ketika itu Rajanya adalah Raja Bone XV yakni Arung Palakka. Oleh Raja XV digunakan sebagai salah satu senjata dalam menghadapi setiap peperangan. (Gambar 1)
Pedang Pusaka Latenri Duni

Merupakan Pusaka Kerajaan pada masa Kerajaan Raja Bone XV Arung Palakka. Pada masa itu di abad XVI oleh Raja Bone XV Arung Palakka sering menggunakan pusaka ini sebagai senjata dalam menghadapi perang. (Gambar 2)

Pusaka Salempang Kerajaan
Pusaka ini merupakan Salempang Emas, ia memperlihatkan seuntaian padi yang menunjukkan pertanda Jiwa Sang Raja akan selalu bersatu dengan rakyatnya. Salempang pusaka ini dipakai dalam setiap Pelantikan Raja-raja Bone.

Tombak dan Senjata Adat

Pusaka tersebut di atas, dalam masa pemerintahan Raja-raja di Tanah Bone merupakan bagian syarat perlengkapan utama dalam setiap pelantikan raja Bone, sebagaimana yang dijelaskan di dalam Lontara “ NAIYYA TANRANNA MANGKAUE RI BONE, IYANARITU TAPPIENGNGI LAMAKKAWA, NAPPADUANGNGI LATEA RI DUNI, NAKKATENNINGNGI LASALAGA, MAPPANGARA RI CALOKO, NAPAJUNGI PAJUNG PULAWENGNGE” yang berarti : Adapun yang menjadi tanda Mangkau (Raja) Bone ialah yang memakai Lamakkawa dan Latenrii Duni, bertongkat dengan Tombak Lasalaga, Mengambil Hasil Sawah Lacaloko, dan dipayungi Payung Emas

0 comments:

Post a Comment

BLOG PARIMBUNIS

BLOG INI ADALAH DIKHASKAN UNTUK AHLI KELUARGA PARIMBUNIS, BERINTERAKSI DAN MENYALUR MAKLUMAT SEMASA, SEMUGA DAPAT MENGERATKAN HUBUNGAN SIRATULRAHIM.

Bercakap-cakaP


ShoutMix chat widget

AsmauL Husna

All Malaysian Bloggers Project

Jutawan Emas

Click here ContacT me!! Dealer: Abdullah Johor Bahru, Johor. En. Abd.Lah @ Abdullah Bin Awang Mobile: 016-716 6515 Email: q_eyda@yahoo.com.sg

Blog Archive

PengunjunG

blogspot hit counter

Follow me